Lakukan yang Kita Bisa dari Sekarang

Januari 20, 2009

child_palestine_02Mungkin aneh kalau kita mendengar cerita bahwa pejuang kemerdekaan Indonesia dulu berperang melawan penjajah Belanda dengan bambu runcing. Mana mungkin menang? Mungkin perang memang tidak dimenangkan dengan bambu, tapi bisa jadi dimulai dari sana. Tapi perang itu sudah lewat.

Perang serupa (perlawanan terhadap penjajahan) yang masih ada sampai sekarang, yaitu di Palestina yang dimulai sejak tahun 1987 dan terkenal dengan nama intifadha itu pun dimulai dengan lemparan batu. Bayangkan, tank dan senapan dilawan lemparan batu? Tapi mereka tidak mengeluh dan dan mengatakan “kita belum siap”. Mereka beriman kepada Allah dan melakukan perlawanan. Dan sekarang, HAMAS dapat melakukan perlawanan dengan roket-roketnya yang membuat tidur kaum Zionis Israel tidak lagi pernah nyenyak.

Jadi, lakukanlah apa yang kita bisa semaksimal mungkin. Jika kita belum bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan besar, lakukanlah pekerjaan kecil dengan cara besar. Kelak Allah mem-mampu-kan kita melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar.

Mungkin kita, mahasiswa, hanya bisa berdoa, belajar, menyebarkan opini, memboikot, berinfak. Tapi lakukanlah itu dengan cara besar. Dalam studi misalnya, ketika kita belajar, arahkan visi kita ke sana. Bermimpilah menjadi Ayyash muda, sang insinyur elektro yang dengan ilmunya telah berkontribusi besar terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: