Praktis Kirim SMS ke Banyak dengan ATCommander

Juni 11, 2008

Di kampus, khususnya di Gamais di mana saya banyak beraktifitas, kirim SMS ke banyak (biasanya disebut nge-jarkom gurita) merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk memberitahukan informasi ke seluruh kader.

Kalau jumlah penerimanya hanya puluhan, mungkin masih bisa efektif menggunakan jarkom tangga/ular atau menggunakan fitur send to many dari handphone. Tapi kalau jumlahnya ratusan bahkan mendekati angka 1000? Cara seperti itu tidak lagi efektif.

Untuk itu, dikembangkanlah (sebenarnya bisa saja menggunakan aplikasi open source seperti Gammu, tapi emang niatnya ngoprek sih^^) sebuah aplikasi SMS yang dapat mengirim SMS ke banyak nomor hanya dengan satu kali klik. Aplikasi tersebut terakhir diberi nama ATCommander. Sebenarnya rencana awalnya ATCommander dikembangkan untuk program Tahajjud Call. Namun, karena beberapa kendala, belum dapat diimplementasi sepenuhnya.

Aplikasi ini dikembangkan menggunakan Delphi dan berjalan pada sistem operasi Windows. Perangkat keras yang dibutuhkan adalah handphone yang dapat mengirim SMS beserta kabel datanya, serta sebuah PC/Laptop.

Nomor penerima dapat diinput langsung atau disimpan dalam file teks dengan separator bebas. Jadi, langkah-langkah penggunaan aplikasi untuk SMS adalah seperti ini.

  1. Sambungkan handphone dengan PC
  2. Set port yang sesuai lewat menu “Port Setting”, lalu “Open Port”.
  3. Ketik konten SMS dan set SMS Center sesuai provider.
  4. Masukkan nomor penerima baik langsung maupun dari file teks.
  5. Klik “Send to List”, maka program akan mengirimkan SMS tersebut ke semua nomor dalam list.

Referensi dalam mengembangkan aplikasi ini:

34 Responses to “Praktis Kirim SMS ke Banyak dengan ATCommander”

  1. Marvim Says:

    Boleh juga tu buat promosi voucher hotel. Gimana ya Pak caranya kalau saya mau coba?
    Terima kasih.

  2. Aditya Says:

    @Marvim: japri aja ke saya (kirimi_aku_donk [at] yahoo [dot] com)

  3. Abubakar Says:

    Assalamu Alaikum,

    Mas Aditya, Yayasan al-Sofwa Jakarta (www.alsofwah.or.id) punya rencana kirim 5.000 s/d 10.000 sms Islami gratis setiap harinya. Dan rencananya akan dimulai Awal Ramadhan beberapa hari lagi. Tapi mereka kesulitan mencari programnya. Barangkali Mas Aditya bisa bantu gratis, itung-itung bantu dakwah, kan ikut dapet pahalanya juga. Bayangkan kalo dari sms-sms itu ada yang nyangkut dihati penerimanya dan berubah jadi lebih ta’at pada agama, kan bisa mas bayangin, berapa pahala yang mas Aditya dapat.

    Makasih sebelumnya.

  4. Aditya Says:

    @Abubakar: wah boleh mas,selama untuk kebaikan saya senang bisa membantu🙂

  5. Usman Says:

    Mas, kalau pakai HP gitu untuk ngirim 1000 SMS perlu waktu berapa lama untuk TERKIRIM setelah satu kali klik tadi? Ada informasi nggak apakah SMSnya sudah sampai atau belom?

  6. Aditya Says:

    @Usman: Dari pengalaman saya, paling lama sekitar 5 detik per SMS. Berarti terkirim semua setelah kira2 1000 x 5 detik karena SMS dikirim secara sekuensial.

    Informasi apakah sudah sampai di nomor tujuan atau belum tidak ada. Informasi yg ditampilkan hanya apakah SMS sudah berhasil/gagal terkirim dari HP.

  7. andy Says:

    mas boleh dapaet sourcenya untuk refrensi tugas akhir ..

    thx

  8. Aditya Says:

    @andy: boleh aja, japri saya aja ya..

  9. liman Says:

    mas apa bisa sender idnya diganti bukan nomer tetapi abjad???


  10. MAS PROGRAM YANG SUDAH DI JADI ADA GAK???
    KALO BISA YANG TINGGAL INSTAL AJA.

    KALO ADA KASI TAU YA LINK DOWNLOADNYA

    TERIMA KASIH

  11. kanghenson Says:

    hello,

    boleh minta aplikasi nya lah mas???

    kirim ke email ku donk
    agen.asetpulsa@yahoo.co.id

    makasih sebelumnya

  12. Rahmat dwi cahya Says:

    Aslmkm..
    Saya rahmat dr bem km mipa unand. Saya sangat tertarik dg teknik mengirim sms kebanyak no yg dipakai oleh Gamai.
    Kmi dr bem km unand jg berencna akan menerapkannya dkamps.. Supaya informasi yg kami berikan dapat d ketahui semua mahasiswa.
    Saya ingin tau Gamais d4 softwarenya dr mana..?
    Tlg d bls ya. .
    Wassalam

  13. maissilo Says:

    Mas Adit..

    kalo tidak merepotkan..saya juga butuh nih untuk usaha kecil2 saya.
    mohon dibantu ya..=)

    trima kasih

  14. Inneke Says:

    Selamat malam, bapak…
    Saya ingin mendapatkan informasi jelasnya ttg Gamais d4 softwarenya dari mana ya..?
    Thks, atas kerja samanya…

  15. subhan Says:

    mas ane sangat tertarik sekali dgn makalah ini dan mau naya klu pakai modem pie carene mas ?
    terima kasih sebelumnya

  16. tonifero Says:

    mas adit.sy gatek banget.bisa tolong mafaatin dg cara sederhana.mungkin langsung install aja gitu.tks

  17. tatin Says:

    =) saya jg tertarik aplikasi ini buat sms berantai acara kajian di kantor. saya sudah japri ke email (kirimi_aku_donk [at] yahoo [dot] com), saya tunggu balasannya ya.. terimakasih

  18. raditantri Says:

    assalamualaikum…
    mas, saya boleh minta aplikasinya ga…
    kebetulan saya emg lg nyari, ATMCommander bs bantu saya bgt untuk ngejalanin kerjaan yg baru dtawarin ke saya…
    yah yah yahh…
    hehe…
    jazakillah…

  19. padil unand Says:

    asm akh, ajari ana lah, untuk ana gunakan sebagai sms tausiyah di LDF ana, Unand Padang, akan ana kirim email, tlng ajari ya…

  20. adnyana Says:

    pak saya sangat tertarik dengan sms ke banyak seperti ATMcommander,saya pingi tahu aplikasinya yang bisa di download karena saya berencana akan melakukan komunikasi ke banyak anggota komunitas saya.tolong informasi softwarenya.
    terimakasih atas kemurahan hatinya.

    salam
    adnyana

  21. ADI PRANOTO Says:

    Sy berminat sekali, kalo boleh bagi ilmunya boss, caranya gmana ya

  22. masal banget Says:

    Gitu aja kok pake repot.

    coba ini, kirim sms banyak sekaligus 1 klik tanpa computer….
    bingung kan???

    tidak pake repot:
    http://www.ancientsoftware.net/apps/smsspreader/


  23. If I picked off your love, Like an…

    apple ripening on some unfamiliar tree There is no way that I’d eat you, And satisfy my own selfishness, please. An apple from some beautiful orange tree, why wouldn’t I want the expected fruit? Because the ‘perfect ones I’ve seen were…

  24. don Says:

    download dimn at commander
    donfilem

  25. fegra Says:

    mas saya minta softwarenya boleh.?

  26. fegra Says:

    kirim ke mail saya ya mas softwarenya thanks bngt..
    febriyansyah23@gmail.com

  27. myrahil Says:

    Bisa minta softwrenya mas??
    myrahil86@gmail.com

  28. nus beay Says:

    mas ganteng..saya ingin sms ke semua pelanggan saya tentang informasi keberangkatan maupun harga tiket..mohn bantuannya memberikan cara menginstal sms center ke banyak..terima kasih

  29. nana Says:

    assalamu’alaikum mas, boleh tau caraya? saya membutuhkan ini untuk mempermudah memberikan informasi2 ke teman2 mahasiswa. makasih

    ini email sya mas.

  30. yudha Says:

    Mas, boleh minta software nya? Kirim ke ge58.yudha@gmail.com

  31. supri Says:

    mas aku minta kirim ke alhamda78@gmail.com


Tinggalkan Balasan

