Ayat-Ayat Cinta yang Bermuatan Hidayah

Maret 30, 2008

Bukan, bukan, ini bukan film review apalagi book review. Hanya ingin berbagi pandangan tentang fenomena AAC di negeri ini.

Sungguh menakjubkan apa yang telah dicapai AAC dan pengaruhnya bagi masyarakat umum, mulai dari novel, dibuatkan lagu (soundtrack filmnya), sampai dibuatkan filmnya.

Lihatlah bagaimana novel dan filmnya mempengaruhi obrolan orang-orang di sekitar kita, cara mereka bercanda, mempengaruhi pandangan mereka tentang Islam, tentang keteladanan (seorang Fahri), tentang toleransi antarumat beragama, semangat berjilbab, dan bahkan membuka mata para “aktivis” bidang perfilman bahwa film yang dapat ditonton orang Indonesia ternyata bukan hanya film tentang cinta remaja, hedonisme, dan film setan saja.

Mungkin sang penulis tidak menyangka bahwa AAC-nya akan sefenomenal itu. Berdasarkan yang saya baca, novel AAC ini merupakan mahar dari penulisnya, Kang Abik, saat akan menikahi Muyasarotun Sa’idah. Kang Abik meminta endorsement kepada Mbak Helvy untuk novel perdananya itu.

Terdapat kalimat yang ditulis Kang Abik di sampul (draft, mungkin) novel ACC, “Ini novel perdanaku, ini langkah awalku, doakan semoga yang seterusnya lebih baik, lebih bercahaya, lebih bermuatan hidayah.”

Saya menangkap bahwa itulah visi sang penulis untuk karya-karyanya: menjadikannya bercahaya dan bermuatan hidayah. Jika ada orang yang membaca, maka harapannya dia akan tercerahkan seperti mendapatkan cahaya setelah sebelumnya gelap.

Mungkin karena ketulusan dan kekuatan visi tersebut, Allah memberikan keberkahan. Keberkahan yang bahkan dapat dirasakan banyak orang.

Itulah yang dilakukan oleh Kang Abik, penulis novel, dalam memaknai karya-karyanya. Kita juga, apapun kita, apapun bentuk karya kita, mari kita jadikan itu bercahaya, bermuatan hidayah. Setiap perkataan yang terucap, tindakan yang dilakukan, karya yang dihasilkan, jadikan semua itu bermanfaat dan mencerahkan.

Tidak, kita tidak perlu menjadi orang lain untuk bisa seperti itu. Kita cukup menjadi diri kita sendiri, sebaik-baiknya dari diri kita sendiri.

One Response to “Ayat-Ayat Cinta yang Bermuatan Hidayah”

  1. reiSHA Says:

    Subhanallah…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: