Membaca Sistematis

Juli 3, 2007

Bogor, Senin 25 Juli 2007. 22:03

Sekitar satu setengah pekan yang lalu aku bersama beberapa teman di Gamais diamanahkan untuk merevisi buku Risalah Manajemen Dakwah Kampus yang disusun oleh tim SPMN (Standardisasi Pelatihan Manajemen Nasional) FSLDK Nasional. Dulu, yang menyusun buku ini adalah tim SPMN yang terdiri dari UI dan ITB. Sekarang, hanya ITB saja. Rencananya, buku tersebut akan dipasarkan di Lampung saat FS-Nasional.

Aku kebagian bab “Kaderisasi dan Manajemen SDM”. Rasanya canggung juga harus merevisi buku itu karena kupikir pemahamanku tentang hal ini masih belum terstruktur dengan baik. Akhirnya, kukumpulkanlah semua buku yang kutahu membahas tentang topik tersebut atau paling tidak berhubungan. Sampai CD seminar “Marketing Revolution”-nya Tung Desem Waringin pun jadi bahan.

Aku memfokuskan diri membaca dan memikirkan topik tersebut selama terus-menerus, selama beberapa hari. Jarang sekali aku keluar rumah di waktu-waktu tersebut, kecuali makan dan ke mesjid. Kerjanya hanya duduk, membaca, befikir, membuat catatan, sambil sesekali refreshing kalau suntuk. Dan, hasilnya terasa! Metode intens seperti ini dapat membuat pemahaman kita menyeluruh dan pengetahuan kita menjadi terstruktur.

Aku mendapat inspirasi dari Ust. Anis Matta, aku pernah membacanya di salah satu bukunya. Lain kali, akan kugunakan metode ini. Menentukan satu topik tertentu, lalu menyediakan waktu khusus dan secara intens-sistematis membaca dari beragam sumber.

Tinggalkan Balasan

